3.12.2014

Tutorial Cara melakukan Factory Reset

Sebelum membahas lebih dalam bagaimana cara melakukan Factory Reset pada sebuah smartphone Android ada baiknya kita mengetahui apa itu Factory Reset.  
Apa itu Factory Reset?
  • Factory reset adalah suatu cara untuk mengembalikan software smartphone/tablet Android ke kondisi awal seperti baru keluar dari pabrik, sama seperti istilah Hard Reset pada perangkat handphone non Android. Factory reset pada umumnya dapat menyelesaikan hampir semua masalah yang disebabkan oleh kerusakan software. Tentu dengan melakukan factory reset maka seluruh data dan aplikasi yang tersimpan pada memori internal akan terhapus.
Tutorial Cara melakukan Factory Reset
Tutorial Cara melakukan Factory Reset
Pada umumnya Factory Reset dapat dilakukan melalui menu Settings (pengaturan) -> Privacy (privasi) -> Factory data reset (reset data pabrik). Namun ada kalanya smartphone kita berada pada kondisi tidak mau start atau tidak bisa masuk ke menu, maka untuk melakukan factory reset, harus melalui recovery mode.
Apa itu Recovery Mode?
  • Recovery Mode Android adalah suatu menu Android yang berguna untuk recovery atau memperbaiki kerusakan software Android. Pada beberapa tipe smartphone, upgrade software dapat dilakukan langsung pada kondisi recovery mode. Tidak semua smartphone/tablet Android bisa masuk ke recovery mode, tapi pada beberapa tipe smartphone Android, hal ini dapat diatasi dengan menginstall recovery mode buatan pihak ketiga, seperti ClockwordMod recovery atau xRecovery.
Recovery mode berguna bila smartphone/tablet Anda mengalami hal-hal sebagai berikut :
  • Bila perangkat tidak dapat start atau hanya berhenti di logo saja (atau disebut boot loop). Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat ada aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan smartphone kita (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer)
  • Bila perangkat dapat dinyalakan, namun tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar tidak mau disentuh (stag) atau tidak dapat masuk ke menu telepon/tablet.
  • Bila kita lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci Android yang menyebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.
  • Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.
Untuk melakukan factory reset via recovery mode secara umum dapat dilakukan dengan dua langkah mudah berikut : (  **tentunya segala resiko ditanggung anda sendiri )

Tahap 1: Masuk ke recovery mode
Tampilan Menu Factory Reset
Tampilan Menu Factory Reset
Untuk dapat masuk ke recovery mode Android, Anda harus mematikan dulu smartphone/tablet anda, lalu nyalakan kembali dengan cara menekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya untuk Galaxy Young S5360 tekan tombol vol Up + home + power secara bersamaan) maka kita akan masuk ke dalam recovery mode.

Cara masuk recovery mode bisa berbeda-beda antara satu tipe smartphone dengan tipe lainnya (maksudnya ada perbedaan pada kombinasi tombol yang harus ditekan). Recovery mode tampilannya hanya berupa tulisan saja (Seperti kondisi DOS pada PC). Dan pada kondisi recovery mode, pada umumnya layar sentuh tidak berfungsi, jadi untuk navigasi naik dan turun, biasanya menggunakan tombol volume.

Tahap 2 : Lakukan Wipe Data / Factory Reset

Setelah berhasil masuk ke recovery mode, yang Anda harus lakukan tinggal memilih fitur "Wipe Data / Factory Reset" setelah itu restart handphone anda.
namun, karena banyaknya smartphone yang beredar dengan model yang berbeda-beda, maka langkah untuk melakukan kombinasi tombol juga berbeda. untuk mengetahui beberapa daftar smartphone untuk melakukan Factory Reset, silakan Lihat Disini

Desain Terkait

Tutorial Cara melakukan Factory Reset
4/ 5
Oleh

Makasih Atas Komennya ^_^