10.26.2013

Perbedaan Antara GSM dan CDMA

operator jaringan terutama dibidang komunikasi, memang selalu mengeluarkan teknologi untuk bersaing dengan operator lain dalam mendapatkan konsumen. dengan menciptakan jaringan berbasis kabel ataupun tanpa kabel. tapi, sekarang ini sudah banyak bertaburan alat komunikasi nirkabel seperti ponsel. ponsel dapat digunakan jika dipasang sim card didalamnya. sim card tersebut bisa berupa sim card cdma atau juga gsm. jika anda masih bingung masalah cdma dengan gsm, berikut ini penjelasan singkat yang semoga bisa membuat anda paham dengan jelas Perbedaan Antara GSM dan CDMA ini.

Jaringan GSM
Jaringan GSM
jaringan gsm
GSM menggunakan metode TDMA atau Time Division Multiple Access. Terlihat dari namanya, metode ini menggunakan waktu untuk membentuk jalur tiap sambungan telepon. Tiap ponsel yang hendak melakukan sambungan mendapat slot waktu sendiri untuk sambungan tersebut. Jadi, ponsel tersebut hanya dapat mengirim data GSM pada slot waktu yang telah ditentukan. tapi hal ini tidak begitu terasa bagi kita karena rentang waktunya sangat singkat dan berulang secara periodik.

GSM ( Global System For Mobile )
  • Jaringanya sudah luas hingga ke pelosok sudah disediakan contohnya : telkomsel.
  • Keamanan jaringan mudah di sadap.
  • Biaya nya mahal baik itu untuk nelpon atau pun internet.
  • GSM meliputi : simpati, as, XL bebas, XL jempol, mentari, im3, three dan masih banyak lainnya.
Jaringan CDMA

Jaringan GSM
jaringan cdma
CDMA menggunakan metode yang sama dengan namanya, yaitu CDMA (Code Division Multiple Access). Setiap ponsel yang hendak melakukan sambungan dapat mengirim data CDMA kapan saja. Sebagai pembeda, setiap ponsel memiliki kode unik untuk mengatur paket data CDMA yang dikirimnya dalam sambungan telepon. Nantinya, pihak penerima sambungan telepon itu juga hanya akan menerima data yang menggunakan kode yang sama dengan kode yang digunakan oleh pengirim itu.

CDMA (Code Division Multiple Accses )
  • Jaringan belum begitu luas, hanya di kota saja.
  • Keamana jaringan susah disadap.
  • CDMA antara lain : smart, flexi, esia, fren, starone, ceria.

Desain Terkait

Perbedaan Antara GSM dan CDMA
4/ 5
Oleh

Makasih Atas Komennya ^_^